Ditetapkan sebagai Ketua Umum KAHIGAMA, Nia Sarinastiti Siap Merangkul Enam Dekade Alumni UGM dengan Semangat Kebersamaan

Jakarta – “Merangkul 6 (enam) dekade angkatan HI UGM bukan tugas yang mudah, tetapi dengan semangat kebersamaan, kita pasti bisa”, demikian Nia Sarinastiti (HI 1985) menutup sambutan umum pertamanya sebagai Ketua Umum KAHIGAMA periode 2020-2023.

Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Keluarga Alumni Hubungan Internasional UGM (KAHIGAMA) pada Jumat (10/07) secara resmi menetapkan Nia Sarinastiti sebagai Ketua Umum KAHIGAMA periode 2020-2023. Munaslub KAHIGAMA tersebut dihadiri oleh Ketua Umum Keluarga Alumni UGM (KAGAMA), Ganjar Pranowo (FH 1987); Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik UGM, Prof. Dr. Erwan Agus Purwanto (AN 1986); dan Ketua Departemen Ilmu HI UGM, Dr. Nur Rachmat Yuliantoro (HI 1992), serta Ketua Umum KAHIGAMA periode 2016-2020, Gatot S. Dewa Broto (HI 1981).

Penyelenggaraan Munaslub ini dilaksanakan bertepatan dengan hari jadi Dies Natalies Departemen Ilmu HI (DIHI) UGM yang ke-63. DIHI merupakan program studi HI yang tertua dan pertama didirikan di Indonesia.

Nia Sarinastiti terpilih sebagai Ketua Umum KAHIGAMA pada pemilihan umum yang dilaksanakan pada 7 Juli 2020 secara virtual. Nia, begitu ia biasa dipanggil, berhasil mendapatkan perolehan suara sebanyak 190 suara, di atas perolehan suara kandidat ketua umum lainnya, yaitu Okky Madasari (HI 2002 – 140 suara), Theodorus Satria Nugroho (HI 1983 – 53 suara), dan Velix Vernando Wanggai (HI 1991 – 132 suara).

Dalam sambutannya, Nia juga menekankan 3 (tiga) pilar utama KAHIGAMA yang akan menjadi landasan kepengurusannya, yakni pembangunan jejaring alumni dan komunikasi yang efektif (); pembangunan pengembangan profesi, kerjasama, kelembagaan, dan kajian (knowledge & sharing sesssion); dan pendanausahaan untuk kontribusi kembali ke anggota dan masyarakat (pay it forward). Guna mewujudkan ketiga pilar tersebut, Nia telah menunjuk susunan formatur untuk menyusun tim kepengurusan baru yang solid dan efisien. Nia juga mengundang kandidat ketua umum lainnya untuk bersinergi membangun kepengurusan dan program kerja di masa baktinya.

Pada Munaslub yang diikuti perwakilan alumni HI dari berbagai angkatan, mulai dari 1971 hingga 2016, Ketua Penyelenggaraan Pemilu, Yoyok Nurcahyo (HI 1983) menyampaikan laporan hasil pemilu virtual tersebut dan apresiasi kepada seluruh kandidat ketua umum dan pemilih atas partisipasinya pada pesta demokrasi di ranah daring. Munaslub ini diselenggarakan tim yang diketuai Indria Prahadi (HI 1985).

Untuk pertama kalinya sejak didirikan di tahun 2016, KAHIGAMA berhasil menyelenggarakan pemilihan ketua umum secara virtual dengan memanfaatkan survey monkey dan tetap menjunjung prinsip demokrasi yang transparan, akuntabel, dan partisipatif. Panitia telah bekerja keras menyelenggarakan berbagai tahapan pemilu sejak pertengahan bulan Juni dan tingkat kehadiran pemilu mencapai 85,69 % (515 pemilih yang mencoblos surat suara dari 601 pemilih terdaftar).

Ketua Umum KAGAMA, Ganjar Pranowo, yang juga menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, di akhir acara, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas penyelenggaraan pemilu KAHIGAMA yang berlangsung dalam nuansa akrab, guyub, dan kekeluargaan, serta demokratis. Beliau juga terus mengundang alumni HI UGM yang tersebar di berbagai negara dan berbagai latar belakang untuk terus berkontribusi bagi masyarakat dan negari sesuai dengan identias UGM.   

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *